3 Misi Baru di Ramadhan 2022

Beberapa tahun belakangan memang saya merasa terlalu fokus dengan kehidupan duniawi seperti mengejar pendidikan, pekerjaan, dan hal-hal duniawi lainnya. Makanya saat ramadhan 2022 ini datang, saya sudah menetapkan dalam hati kalau saya harus jadi lebih baik di tahun ini dibandingkan beberapa tahun belakangan.


Ada beberapa hal yang akhirnya saya jadikan misi di ramadhan ini agar saya bisa jadi pribadi yang lebih baik lagi. Yaaaaa terlepas nanti apakah misi ini bisa selesai semua atau ngga, paling tidak saya sudah mencoba untuk jadi jauh lebih baik kedepannya.

Khatam Quran dan Terjemahannya

Tahun sebelum-sebelumnya saya pun sudah mencoba meng-khatam-kan Al-Quran di bulan ramadhan, yaa walaupun masih sering meleset sih hehe, kadang seminggu atau dua minggu setelah ramadhan baru khatam. Tapi di tahun ini saya ingin mencoba menantang diri saya dengan meng-khatam-kan Al-Quran beserta terjemahannya.

Tahun kemarin aja masih meleset targetnya, kenapa sekarang malah ditambah? Karena Ramadhan ini kan bulan suci yang setiap kegiatan ibadah akan dilipat gandakan pahalanya, makanya saya ingin mencoba memaksimalkan pahala yang saya dapet hehe oportunis. Biasanya hanya baca quran arabnya aja, sekarang saya mau mencoba mengetahui makna dari setiap ayat-ayat yang gue baca.

Lalu dilansir dari brilio.net, jika kita khatam Al-Quran di bulan Ramadhan maka kita akan dimohonkan ampun atas dosa dosa yang sudah kita lakukan di masa lalu oleh 60 ribu malaikat, masyaAllah.
Hal tersebut disebutkan dalam hadits, "Ketika seorang hamba mengkhatamkan Al-Qur'an, maka di penghujung khatamnya, sebanyak 60 ribu malaikat akan memohonkan ampun untuknya" (HR. ad-Dailami).

Mempelajari Asmaul Husna

Zaman dulu saat saya masih tinggal di rumah orangtua, saya rutin ikut pengajian dengan guru ngaji, dan dulu sempat ada momen dimana kita harus setor hafalan Asmaul Husna. Tentu saja saya yang ingatannya tidak terlalu bagus ini, tidak bisa menghafal 99 Asmaul Husna. Miris 🥲😭

Supaya gak dicap muslim KTP aje, makanya di tahun ini saya ingin mempelajari Asmaul Husna. Asmaul Husna merupakan 99 nama Allah yang paling baik, dan saya ingin mempelajari nama-nama Tuhan saya sendiri. Asmaul Husna pun bisa dijadikan do'a dan panggilan mesra kita kepada Allah saat akan memohon sesuatu.
“Hanya milik Allah-lah asma-ul husna (nama-nama yang maha indah), maka berdoalah kepada-Nya dengan nama-nama itu, dan tinggalkanlah orang-orang yang menyimpang (dari kebenaran) dalam (menyebut dan memahami) nama-nama-Nya. Nanti mereka akan mendapat balasan terhadap apa yang telah mereka lakukan” (QS al-A’raaf:180).

 Belajar Membuat Podcast

Salah satu resolusi saya di tahun 2022 ini adalah, kembali rutin membuat konten (apa shaja baik blog, IG, Tiktok, etc) dan dapat cuan dari konten hehe. Dalam perjalanannya 4 bulan 2022 ini, saya merasa hmmm kayaknya oke juga ni kalo masuk podcast juga. Jadinya belakangan pun sata sedang rajin-rajinya belajar gimana sih caranya bikin podcast.

Ada beberapa creator yang saya jadikan acuan dalam membuat podcast:

Rane Hafied

podcaster indonesia

Pertama kali tau bang Rane itu dari podcast nya beliau di spotify, yaitu SuaRane Podcast. Podcastnya bang Rane menceritakan tentang kehidupannya beliau dan kadang suka share insights soal dunia per-podcast-an. Bang Rane pun rekaman podcastnya super simple banget! Hanya pakai microphone kecil atau mic dari earphone + Hape aja. Beres. Gak ribet! Ohiya sebenernya beliau punya 2 podcast, yang pertama SuaRane dan satu lagi KepoBuku yang fokus untuk mengulas buku-buku menarik. 


Gusti Gina | Cara Mudah Membuat Podcast 2022, Cuman Modal Hape Doang!


Awalnya ketemu konten ini karena saya searching di YouTube: Bagaimana Cara Membuat Podcast. Lalu muncul lah konten kak Gina yang menceritakan bagaimana awalnya cara dia membuat podcast. ternyata kak Gina pertama kali bikin podcast hanya pakai iPhone 6 aja! Gak pakai recorder atau alat podcast yang canggih dan mahal-mahal itu! Keren!


Saat ini saya lagi belajar bagaimana cara membuat script podcast, nanti setelah menemukan konten yang bagus untuk belajar bikin script, saya share di blogpost terpisah yaaa!

Nah kurang lebih ada tiga hal yang saya jadikan misi baru di Ramadhan tahun ini. Kalau kamu, mau ngapain aja di ramadhan ini? 


xoxo
zlindra

18 komentar

  1. semoga tercapai semua ya mba di bulan ramadhan tahun ini, kalau saya belum punya misi apa-apa mba masih menjalani biasa aja. tahun depan mau coba bikin misi ah

    BalasHapus
  2. masyaallah, semoga ketiga misi ini tercapai ya mbak. semangat.

    BalasHapus
  3. Saya juga lagi ikhtiar rutin membaca Al-Quran dengan terjemahannya. Supaya bisa lebih memahami isinya. Semoga ikhtiar kita terus dimudahkan ya, Mbak. Aamiin Allahumma aamiin

    BalasHapus
  4. Harus banget sih punya misi di Ramadhan. Setiap ketemu bulan Ramadhan, aku juga gitu. Ada kesamaan lagi kak. Aku juga lagi belajar podcast. tapi sebelum ramadan sih. Semangat kaa..

    BalasHapus
  5. semoga tercapai ya mbak bener banget memang kalo ramadhan emang harus ada misinya biar gak terlena dan males malesan aja

    BalasHapus
  6. masya Allah, ini sy juga masih belum khatam tilawahnya mba, udah tengah ramadhan hiks. semoga tercapai misi ramadhannya ya mba

    BalasHapus
  7. Mudah mudahan bisa terwujud yaa semua yang diinginkaaan, btw ku juga kepo banget pengen belajar bikin podcast tapi masih belum tau sih mau ngomongin apa heheheh

    BalasHapus
  8. Semoga tercapai targetnya ya di bulan Ramadan kali ini. Btw, diriku jadi tertarik juga nih belajar bikin podcast. Nanti coba dengerin juga deh SuaRane Podcast.

    BalasHapus
  9. Semoga tercapai semuanya ya. Aku juga pengen khatam quran tapi udah ketinggalan banyak nih.

    BalasHapus
  10. Halo mba. Bismillah semoga misinya bisa segera Allah wujudkan ya mba. Kita pasti bisa. Yuk semangat yaa buat kejar pahalanyaa. Aamiin ya Allah

    BalasHapus
  11. Tahun ini juga mencoba lebih giat baca Al-Qur'annya, semoga semua targetnya tercapai ya mba. Moga bisa konsisten bikin podcast.
    Ini aku sambil dengerin podcastnya Bang Rane.
    Yukk kapan bisa denger podcastnya mba Zlindra :)

    BalasHapus
  12. Sama! Aku juga pengen banget belajar Podcast nih. Masih mencoba mencari celah enaknya bahas apa dan apa nama Podcastnya :D

    BalasHapus
  13. Semoga ibadah puasanya lancar dan kita tunggu kak channel podcastnya

    BalasHapus
  14. Kapan hari pas pelatihan podcast ada Bang Rane juga tuh, tapi beliau tidak jadi pemateri. Hanya support aja gitu deh. Sempat posting 2 materi utk setoran tugas, habis itu belum ada ide lagi nih mau bikin posting apa, khususnya yang tema Ramadan ini.

    BalasHapus
  15. Senangnya...
    Ramadan semakin produktif dengan mencoba hal-hal baru. Semoga semakin konsisten dengan hal-hal baru dan menjadi aktivitas menyenangkan.

    BalasHapus
  16. duh saya belum keturutan belajar bikin podcast. semoga bisa juga terlaksana pada tahun ini.. sudah pernah ikutin kelasnya om rane tapi belum sempat praktik aja

    BalasHapus
  17. Sejak SMA aku udah diwajibkan hapal asmaul husna. Alhamdulillah masih inget sampai sekarang. Kalau mau bikin podcast gini harus pinter ngomong ya biar yang dengerin gak bosen..

    BalasHapus
  18. Aku juga pengen bikin podcast, kaya seru gitu ya. Semoga bisa terwujud deh.

    BalasHapus