Tiga Kebiasaan Baru di Tahun 2022

Halo, Selamat tahun baru semuanya. Telat banget ya saya baru ngucapin tahun baru sekarangan ini hahaha. Sudah mau sebulan nih si tahun 2022 ini, sejauh ini gimana rasa-rasanya tahun 2022? Good enough? Saya pribadi ngerasa tahun 2022 ini lebih menjanjikan dari pada dua tahun corona sebelumnya :"). Awal tahun ini gue merasa ada banyak kesempatan baru untuk mengembangkan diri gue di tahun ini. Sekalian nih, mumpung awal tahun saya juga mulai "membenahi diri" dengan mengadopsi kebiasaan baru yang saya harap bisa menghasilkan gaya hidup yang lebih baik lagi kedepannnya.



Sebenernya saya kepingin bikin "goal tahunan" seperti beberapa tahun lalu (sebelum corona menyerang tentunya). Tapi semenjak ada corona, saya merasa kayaknya akan lebih realistis kalau merencanakan kebiasaan baru aja dibandingkan "menargetkan sesuatu", karena semenjak corona ini selalu ada hal-hal tak terduga yang dateng dan akhirnya bikin saya harus belajar Lebih legowo lagi.


Kebiasaan baru yang saya adopsi ini ga neko-neko kok. Berhubung saya sangat-sangat paham Kalau saya anaknya tuh agak pemalas dan sulit untuk mempertahankan konsistensi --HAHAHAH-- di beberapa aspek kehidupan, maka dari itu saya berusaha mengadopsi kegiatan yang ringan-ringan shaja, seperti:


Workout 10 Menit, minimal 5x Setiap Minggunya

Wah, jujur sih ini wacana rajin olahraga sudah ada dari Entah tahun kapan. Tapi sebelum-sebelumnya goal hidup saya cuma "rajin olahraga", jadinya saya hanya berfokus ke olahraganya aja. Tanpa membatasi waktunya sehingga saya cenderung "memaksakan" diri berolahraga sampai titik darah penghabisan. Jadi di olahraga pertama langsung memberikan pengalaman yang capek banget, keringetan, sakit badan, duh pokoknya pengalama gak enak deh. Pada akhirnya pengalaman ngga enak tersebut bikin saya males untuk melakukan olahraga yang berikutnya.


Tahun 2022 ini saya gak mau kayak gitu lagi. Saya mau coba untuk Lebih santai dalam berolahraga. Gak perlu ngoyo, pelan-pelan aja, yang penting rutin xoxo. Sampai paragraf ini saya tulis di tanggal 24 Januari 2022 yang mana saya sudah cukup rutin melakukan workout minimal 10 menit setiap harinya. Tentunya ada yang bolong-bolong dong! Saya udah bolong 6 hari hahaha! Satu hari karena keracunan, satu hari acara kantor di luar kota, 2 hari karena salah bantal, satu hari karena day1 mens, dan satu hari karena malas haha.


Komposisi workout saya cukup ringan kok. Saya cukup ngikutin workout simple 10 menit tanpa loncat, tanpa squat hahaha. Ini saya ngikutin channel orang luar, Monikafit. Plus kalai lagi rajin, saya suka tambah jalan kaki ditempat selama 10 menit (panduannya ada di video nya kak Salsa dari channel Salsalivefit).


Monikafit | Good Morning WorkOut


Salsalivefit | Olahraga 1KM Tanpa Loncat Tanpa Squat




Belajar Hidup Minimalis

Sebenernya saya sudah cukup lama lirik-lirik gaya hidup yang satu ini. Karena Saya mau memperbaiki kebiasaan saya yang "berantakan". Seluruh temen-temen saya tau deh kalau saya itu anaknya be-ran-tak-an pake banget. Wah gak bisa rapi pokoknya. Sampai-sampai kalau mereka lagi main ketempat saya terus ngeliat tempat saya "agak rapih" langsung heran mereka tuh hahaha. Segitu parahnya saya soal beberes, menurut saya beberes itu kegiatan yang melelahkan dan super ribet.


Maka dari itu dari tahun 2021 saya udah mulai lirik-lirik gaya hidup minimalis, yang mana dalam gaya hidup yang satu ini kita dianjurkan hanya menyimpan barang-barang yang kita butuhkan saja, sehingga kita gak perlu repot meluangkan waktu untuk mengurus barang-barang yang sebenarnya tidak kita butuhkan. Kapan-kapan kita bahas detail ya soal si hidup minimalis ini.


Saya mencoba belajar hidup minimalis masih dari YouTube dan postingan sosial media lainnya. Selain itu saya juga belajar dari bukunya master bersih-bersih, Marie Kondo. Yaaaa, bismillah ya semoga di 2022 ini saya bisa menjadi orang yang lebih rapih dengan belajar dari para pegiat hidup minimalis.


Belajar Hidup Lebih Rahmah Lingkungan

Saya mulai kenal gaya hidup ramah lingkungan itu di akhir 2019 kalo ga salah. Karena saat itu lagi rame banget perkara penyu yang hidungnya da sedotan huhuhu. Sedih banget liat penyunya begitu. Dari postingan penyu yang ramai itu akhirnya menggerakkan saya untuk lebih mindfull atas apa yang saya buang. Pelan-pelan mulai kurangi Penggunaan sedotan plastik, dulu sih ganti pakai sedotan stainless, tapi akhirnya saya lebih nyaman kalau minum dikokop langsung dari gelasnya hahaha.




Selain itu saya juga mulai pilah-pilah sampah organik dan anorganik. Sampah anorganik saya salurkan ke pihak-pihak yang memang bisa mengelola dan melakukan aktivitas daur ulang dari sampah-sampah anorganik tersebut. Karena teryata sampah yang kita buang selama ini gak bisa hilang begitu aja. Hanya bertumpuk di Tempat Pembuangan Akhir dan Malah bisa jadi bencana alam kayak TPA di Bandung :(. Semoga bisa nambah kebiasaan-kebiasaan saya untuk hidup lebih ramah lingkungan di tahun 2022 ini!


Sampai saat ini cukup tiga kebiasaan ini dulu yang akan saya konsistenin di tahun 2022 ini. Kalau nanti ada hal baru lagi yang mau saya konsistenin, saya akan kasih update di postingan baru ya! Sekali lagi, Selamat tahun baru 2022! Semoga ada banyak berkah untuk kita semua di tahun ini!


Love,

Zara

1 komentar