Yuk Kenalan dengan Plastic Free July

Plastic Free July | Selamat bulan Juli ges *telat*! Seharusnya tulisan ini naik di awal Juli banget, pas tanggal 1 Juli gitu ya. Tapi karena tanggal 1-5 July kemarin saya lagi ambil liburan ke Malang dan Semarang, jadinya baru sempet nulis sekarang deh ðŸĪŠ. Sesuai judulnya, kali ini saya mau sedikit cerita mengenai salah satu campaign yang hampir selalu saya ikuti di tiga tahun terakhir ini. Uniknya ni campaign satu ini khususon cuma ada di bulan July aja, sesuai namanya, Plastic Free July.

Apa Itu Plastic Free July?

Kalau sekilas kita lihat dari namanya Plastic = Plastik, Free = Bebas, July = Juli; berarti kalau dilihat dari arti kata-perkata artinya akan menjadi Bebas plastik di bulan Juli. Gak salah kok, namun ini ada pengertian lebih dalam lagi dari penyelenggara resminya yaitu Plasticfreejuly.org yang mendefinisikan gerakan Plastic Free July sebagai gerakan mengurangi penggunaan plastik sekali pakai di bulan Juli. Sehingga diharapkan dapat membangun kebiasaan menghindari penggunaan plastik sekali pakai di bulan-bulan selanjutnya. 

Kenapa harus bulan July?

Setiap tanggal 3 July, seluruh dunia memperingati hari bebas kantong plastik. Daripada hanya satu hari, bagaimana kalau kita lanjutkan sampai sebulan penuh saja?

Manfaat Plastic Free July

Saat kebiasaan masyarakat mulai terbangun untuk menghindari penggunaan plastik sekali pakai dan produk-produk yang menggunakan plastik sekali pakai sebagai kemasannya, maka tidak menutup kemungkinan kedepannya akan mengubah pola konsumsi yang kemudian disadari oleh produsen. Sehingga produsen akan membuat produk yang dapat mengakomodir pola konsumen yang baru ini.

Apa yang Bisa Kita lakukan di Plastic Free July?

🧐: Berarti kita sama sekali gak boleh menggunakan plastik sekali pakai ya di bulan Juli ini?

Idealnya, Ya. Tapi sayangnya saat ini kita masih berada di lingkungan yang belum ideal untuk sama sekali tidak menggunakan plastik sekali pakai. Maka dari itu, kita bisa mencoba untuk pelan pelan mengurangi penggunaannya. Misalnya dengan:

  • Membawa wadah makanan sendiri saat akan jajan di luar untuk menghindari wadar makanan sekali pakai
  • Membawa tas belanja sendiri untuk menghindari penggunaan plastik sekali pakai
  • Membawa tumblr sendiri saat pergi ke cafe untuk menghindari penggunaan paper atau plastic cup sekali pakai.
@zaharalindra Being #ecofriendly is eazyyy #sustainable #sustainableliving #sustainablelifestyle ♬ original sound - Zara - Zara | Belajar RamahLingkungan

Cara Join Plastic Free July

ðŸĪĐ: Wah aku tertarik untuk coba Plastic Free July, gimana ya cara joinnya?

Sebenarnya kamu bisa langsung join tanpa harus registrasi kemanapun. Kamu bisa langsung melakukan kegiatan untuk mengurangi plastik di keseharian kamu. Tapi kalau mau berasa banget lagi ikut campaign kamu bisa daftarin diri kamu di plasticfreejuly.org

Atau kita bisa temenan di instagram aku, @zlindra, dan sharing perjuangan kita untuk mengurangi plastik di bulan July ini 🙆ðŸŧ‍♀️.


Yuk pelan-pelan kita kurangi penggunaan plastik sekali pakai dan mulai lindungi bumi kita 🌏.

Xoxo,
Zara

Tidak ada komentar