Hilangnya Rasa "Nikmat" Menyambut Puasa Pertama

 Beberapa waktu kebelakang saya mulai kehilangan excitement akan hal-hal yang dulu menarik perhatian saya, seperti puasa hari pertama. Saat masih jadi bocah, saya selalu merasa excited saat memasuki bulan puasa. Saya menanti-nantikan menu sahur pertama, menu buka puasa pertama, -jajan saat-- tarawih pertama, pokoknya setiap kegiatan di bulan puasa menjadi kegiatan yang saya tunggu-tunggu, terlebih lagi di hari puasa pertama.



Namun entah sejak kapan, api semangat itu perlahan-lahan redup, dan hambar. Paling ketara di tiga tahun terakhir ini, puasa pertama tidak lagi memberikan saya perasaan menggebu-gebu yang sama seperti saat dahulu saya masih kecil.


Pawai Obor | Sumber: Republika.co.id


Saat masih jadi bocil dulu, saya menunggu nunggu puasa pertama karena saat memasuki bulan puasa saya suka ikutan pawai obor, terus bisa request makanan apapun yang saya mau, saya bisa minum es buah dan es teller tanpa harus takut dimarahi karena kebanyakan minum es. Saya juga bisa jajan sate-satean yang abangnya suka mangkal di pinggir masjid saat tarawih dimulai. Saya kangen jalan-jalan naik motor ngantri gorengan (beberapa tahun belakangan saya mulai kurangin gorengan) buat bukaan. Ternyata ada banyak hal ya yang saya kangenin.


Entah karena sudah tidak ada kegiatan-kegiatan seru seperti dahulu kala sehingga bulan puasa tidak terasa sama lagi, puasa pertama tidak lagi saya tunggu-tunggu, atau jangan-jangan nikmat puasa saya yang dicabut oleh Allah, Astagfirullah 😰😭


Tiba-tiba saya ingat ucapan dari penceramah yang dahulu pernah saya dengar (tapi saya lupa dengarnya dimana dan siapa yang menyampaikan): "kalau misalnya ibadah tidak lagi terlihat menarik, bisa jadi kamu sedang dijauhkan dari nikmat beribadah"😭


YaAllah janganlah Engkau jauhkan hamba dari nikmat beribadah kepadaMu yaRabb

 Karena saat ini gue ngga ada guru ngaji, jadi gue coba searching di YouTube ceramah-ceramah mengenai hilangnya nikmat dalam beribadah. Ada banyak ceramah yang muncul, dan akhirnya gue tontonin satu-satu. Sampai pada akhirnya gue tertarik dengan dua ceramah ini


Ceramah pertama yang akan saya ulas adalah ceramah dari Buya Yahya yang merespon pertanyaan dari santrinya yang berupa "Apa Penyebab Hilangnya Kenikmatan Saat Ibadah?". Beliau menyampaikan bahwa kenikmatan ibadah itu memiliki kelezatannya tersendiri, dan kelezatan beribadah bisa kita rasakan melalui perasaan tenang yang muncul saat akan melakukan ibadan tersebut. Jika kita masih merasa berat untuk melakukan ibadah, itu tandanya kita belum merasakan rasa lezat dalam beribadah.

Lalu bagaimana caranya agar kita bisa merasakan lezatnya beribadah? Kita harus bisa menundukkan hawa nafsu kita sendiri. Wow, bukan hal yang mudah untuk saya manusia yang imannya masih tipis. Tapi Alhamdulillahnya jika kita memaksakan diri untuk beribadah, ternyata itu dihitung sebagai jihad dalam beribadah oleh Allah SWT. MasyaAllah :")


Lalu kajian kedua saya tonton dari ust Oemar Mita yang menjelaskan Mengapa kita merasa hambar saat beribadah? Ternya, jika kita merasa hambar saat beribadah, itu tandanya hati kita sedang tidak dalam kondisi prima, alias hati kita sedang sakit. Saat hati kita sakit, asupan kalbu a.k.a ibadah pun jadi tidak nikmat. Karena hati, sebagai indra perasa, tidak berfungsi dengan baik, sama halnya keitika fisik kita yang sakit, maka lidah kita pun tidak bisa merasa dengan baik setiap makanan yang masuk ke mulut kita. 

Kedua ustadz tersebut menyampaikan jika kita merasakan hilangnya kenikmatan dalam beribadah, maka ada yang salah dengan hati kita. Saya langsung mengevaluasi diri, seberapa kotor hati saya selama ini? Seberapa banyak dosa yang sudah saya perbuat sehingga hati saya menjadi kebal dan tidak bisa merasakan nikmat Tuhan 😭. Ya Allah, janganlah engkau cabut nikmat beribadah ini. Hamba rindu menyambut puasa pertama dengan riang gembira, penuh semangat. Hamba rindu perasaan bahagia menyambut pusa pertama yang sering hamba rasakan waktu kecil dulu 🥺.

Semoga, teman-teman semua yang membaca tulisan ini senantiasa diberikan nikmat dan ketenangan setiap beribadah.



Zlindra

Tidak ada komentar