Hari Ku Bergantung Pada Subuh Ku

Pandemi Corona setahun belakangan ini membuat gue semakin dalam mengenal diri gue sendiri. Mulai dari mengenal emosi, mengenal apa-apa aja yang ternyata selama ini gue ga suka tapi tetep gue lakuin, mengenal orang-orang yang mana yang seharusnya gue keep mana yang ngga. Asli deh, ada banyak banget hal yang baru gue sadarin di tengah pandemi ini, termasuk salah satunya adalah bagaimana peranan waktu Subuh dalam hidup gue.

Don't get me wrong, gue bukan orang yang alim-alim banget. Ilmu agama gue juga masih pas-pasan. Gue di sini hanya ingin sharing pengalaman gue saat mulai memperhatikan waktu subuh.

Beberapa tahun belakangan gue ngerasa kok waktu jalannya cepet banget ya? Gue jadi gak berasa menikmati waktu-waktu yang berlalu secara sadar. Kayaknya semuanya udah autopilot aja tuh dan taunya waktu yang kepakai udah jauh aja. Taunya udah ganti bulan lagi aja, taunya udah ganti hari lagi aja. Jadi gak ada kesannya hari-hari gue tuh.



Semakin cepet waktu berlalu, semakin ngerasa juga kok idup gue makin berantakan. Kok gue makin ngerasa gak punya waktu  buat ngerjain hal-hal lain ya. Kok idup gue cuma kerja doang ya isinya. Waktu gue kayak abis aja gitu buat kerja doang.

Sampai pada akhirnya gue bangun pagi pas banget adzan subuh lagi berkumandang, langsung aja tuh yekan gue bangun, dan ke kamar mandi buat wudhu. Tumben-tumbenan banget ini mata melek terus langsung tuh gue sholat, biasanya gegoleran dulu, maen hape dulu. Gitu dah pokoknya, selayaknya kaum rebahan pada umumnya.

Sehabis sholat itu, gue langsung kan cari sarapan, nyuci baju-jemur, mandi, kerja, ya pokoknya menjalankan hari seperti biasanya. Sampai pada akhirnya di jam 3 sore kerjaan gue tiba-tiba udah beres dan gue nyantai sebentar. Sambil nyantai ini gue sekalian review apa aja yang udah gue kerjain hari ini, dan gue kaget banget.. karena gue bisa ngerjain dan menyelesaikan banyak  hal di hari itu. Yang biasanya hal-hal tersebut biasanya gue kerjain untuk dua hari... kok ini sehari aja belom abis tapi kerjaan gue udah pada kelar. Wow, ada apa ini?

Gue masih melanjutkan review gue apa yang ngebedain gue di hari itu dengan hari-hari sebelumnya. Oh ternyata hari itu gue sholat subuh tepat waktu. Tapi awalnya gue masih ragu ni, apa bener karena sholat shubuh tepat waktu? Sampai pada akhirnya gue melakukan beberapa percobaan ke diri gue sendiri kayak:

1. Gue coba bangun pagi dan sholat subuh pas beres adzan subuh
2. Gue coba bangun pas adzan subuh tapi gak langsung sholat subuh, gegoleran dulu.
3. Gue bangun agak siang terus langsung sholat subuh.
4. Gue kelewat subuhan karena bangun super siang.

Gue bukan orang yang selalu sholat subuh tepat waktu. Gue sholat subuh tu sebangunnya gue aja. Kalo bangun jam 6, ya jam segitu baru sholat. Kalau bangun jam 5 ya jam 5 sholatnya. Tapi dari beberapa percobaan di atas, gue jadi jatuh cinta dengan waktu subuh.

Setiap harinya subuh selalu jadi waktu krusial buat gue. Gue jadi menempatkan subuh ni jadi waktu keramat. Kalau pas bangun pagi gue usahain untuk langsung solat subuh. Alhamdulillah semakin gue cepet sholat subuhnya, semakin gue berasa kayak punya banyak waktu di hari tersebut. jadi bisa nyelesein banyak hal.

Ajaib ya, padahal waktu yang dikasih ke gue sama-sama 24 jam, tapi satu sholat di pagi hari bisa ngubah 24 jam itu jauh jadi lebih berasa. Sampai saat ini gue masih terus berusaha buat terus menjaga subuh gue.. ya meskipun sering juga kesiangan subuhnya huehehe.

Syudah deh. Segitu dulu cerita hari ini. Jangan lupa untuk selalu menjaga Subuh ya!

Have a good day!

Tidak ada komentar