Diagnosa & Terapi Penyakit Jantung dan Stroke Terbaik di Rumah Sakit Mitra Keluarga Bekasi Timur

By Zlindra - September 07, 2019






















Rumah Sakit Mitra Keluarga Bekasi Timur - Sedari saya kecil, ah bukan, sedari saya berada dalam kandungan ibu saya, saya sudah "berkerabat" dengan Rumah Sakit Mitra Keluarga Bekasi. Ya, sejak saya dalam kandungan sampai saat ini 23 tahun saya hidup, saya selalu mempercayakan penanganan kesehatan diri saya ke Rumah Sakit Mitra Keluarga Bekasi.

Saya punya beberapa dokter "langganan" di Rumah Sakit Mitra Keluarga Bekasi, seperti dr. Winarno Sp, A sebagai spesialis anak, dokter yang menjadi langganan sejak saya baru lahir sampai saya SMP dulu. Lalu ada dr. Joyce Sp, M, spesialis mata yang menangani "mata lelah" saya karena terlau banyak main game hahaha. dr Maria Sp KK, dokter spesialis penyakit kulit, saat saya terserang ketombe akut dulu duuuh. Kemudian juga ada dr Adi Mirza, Sp THT-KT, spesialis THT yang berhasil "memperbaiki" hidung saya yang patah saat liburan November 2018 lalu.

Penanganan Angiografi & Angioplasti Terbaik di Indonesia


Pada dasarnya rumah sakit sebesar Mitra Keluarga memiliki ratusan tenaga medis yang tidak perlu diragukan lagi keahliannya. Seperti pada Rumah Sakit Mitra Keluarga Bekasi Timur, yang ternyata merupakan salah satu dari 25 rumah sakit yang memiliki fasilitas Angioplasti terbaik di Indonesia.

Hal ini terbukti dengan adanya 3 dokter pakar angiografi yang ada di Rumah Sakit Mitra Keluarga Bekasi Timur, mulai dari dr. Fritz Sumantri Usman SpS, FINS, FINA. sebagai Neurologist dan Interventional Neurologist di Rumah Sakit Mitra Keluarga Bekasi Timur. Lalu ada dr. Faris Basalamah, SpJP FIHA FAPSIC FAsCC sebagai spesialis jantung, serta dr. Danny Pratama, Sp.B(K)V selaku spesialis Vascular dan Endovascular dari Mitra Keluarga Bekasi Timur.

Ketiga dokter ahli angiografi tersebut membuka kesempatan untuk orang awam seperti saya, untuk lebih mendalami angiografi mulai dari deteksi dini sampai dengan penanganannya dalam acara Health Talk: Angiografi: Diagnostic & Therapy.

Sebenarnya, Apasih Angiografi dan Angioplasti itu?

dok: Mitra Keluarga Bekasi Timur

Sejak tadi saya selalu menyebutkan kata Angiografi dan angioplasti, sebenanya, apa sih dua kata "medis" itu?

Dalam Health talk yang diadakan oleh Rumah Sakit Mitra Keluarga Bekasi Timur, dijelaskan bahwa Angiografi merupakan metode untuk melihat kondisi pembuluh darah dalam tubuh kita. Sementara Angioplasti merupakan metode untuk "membuka" pembuluh darah yang tersumbat agar tidak mengganggu peredaran darah menuju jantung.

Apa Fungsi dari Angiografi dan Angioplasti?

Di era industi 4.0 ini, yang semuanya serba instant, mulai dari makanan sampai transportasi, pada akhirnya membuat kita, manusia dimudahkan untuk mengkonsumsi makanan cepat saji tanpa harus mengeluarkan effort lebih karena cukup dilakukan dengan membuat order dari layar ponsel yang panjangnya tidak lebih dari 5 inchi tersebut. Namun, hal tersebut dapat memberikan efek berbahaya dalam 5 tahun kedepan untuk diri kita.

Dengan konsumsi lemak dari makanan cepat saji dan inaktifitas yang tinggi, gaya hidup yang berantakan (konsumsi rokok dan alkohol) membuat masyarakat industri 4.0 memiliki kerentanan yang tinggi untuk mengalami gangguan dalam pembuluh darah.

Jika terjadi gangguan dalam pembuluh darah maka hal tersebut dapat memicu jutaan penyakit lainnya yang akan berhubungan dengan jantung dan bahkan dapat menganggu dan memicu penyempitan syaraf-syaraf yang ada di tubuh dan otak kita sehingga dapat memicu penyakit varises, jantung, stroke dan berbagai penyakit pembuluh darah lainnya.

Lalu, apa yang akan disebabkan dari penyakit-penyakit tersebut? Tentu saja, kematian.

Maka dari itu, angiografi dan angioplasti hadir di dunia~~ untuk memperkecil resiko-resiko kematian yang disebabkan oleh penyakit yang berhubungan dengan penyumbatan pembuluh darah tersebut.

Penangangan Angiografi Apa Saja yang Dapat diberikan Rumah Sakit Mitra Keluarga Bekasi Timur?

Sebagai salah satu rumah sakit terbaik dalam penanganan angiografi, Mitra Keluarga Bekasi Timur menyediakan layanan diagnosa dan terapi untuk menangani permasalahan pembuluh darah. Mitra keluarga bekasi timur juga memiliki ruang tindakan 24 jam dan prosesi tindakan tercepat di Indonesia yaitu sekitar 1-2 jam saja.



Kenapa bisa secepat itu? Karena Rumah Sakit Mitra Keluarga Bekasi Timur memiliki peralatan dan menggunakan metode kateter paling mutakhir cukup dengan melakukan bius lokal pada lokasi yang akan dilakukan prosesi kateter. Lalu setelah itu pasien akan disuntikkan zat kontras yang nantinya akan memberikan pencitraan pembuluh darah yang akan diamati kondisinya. Lalu diadakan pengamatan dan analisa kondisi pembuluh darah pasien sehingga dapat ditentukan tindakan apa yang nantinya akan dilakukan untuk penyembuhan pasien tersebut.


Jika terjadi penyempitan pembuluh darah maka tindakan dapat dilakukan langsung segera setelah analisa selesai dilakukan. Semisalnya terjadi penyempitan pembuluh darah menuju jantung, maka akan segera dilakukan pemasangan ring jantung untuk mengembalikan aliran serta fungsi jantung seperti sediakala.


Kateter dimasukkan melalui pembuluh darah yang ada di tangan. Ohya prosesi ini dilakukan saat pasien sadar, karena bius yang digunakan hanyalah bius lokal. Namun, pasien tidak akan merasakan sakit sama sekali, ya karena sudah dibius tadi dan karena metode ini menggunakan benang kateter yang nantinya dimasukkan langsung ke pembuluh darah kemudian diarahkan ke bagian pembuluh darah yang mengalami penyempitan. Setelah itu baru dimasukkan ring jantung dan balon yang nantunya akan membuka dan menahan kembali peredaran darah kita agar lancar dan terlepas dari penyempitan.


Nah, Setelah itu benang dan balon kateter ditarik keluar, tapi tidak untuk ring jantung nya. Ring Jantung akan tetap berada pada pembuluh darah sekitar jantung tersebut dan akan menyatu dengan pembuluh darah tersebut. Jadi tidak akan ada dan tidak diperlukan pengangkatan ring jantung yang telah dipasang di pembuluh darah sekitar jantung kita.

Alat Kejut Jantung

Ini merupakan pengalaman baru bagi saya sebagai "pasien" setia Rumah Sakit Mitra Keluarga Bekasi Timur untuk berkeliling ke ruang tindakan jantung. Seumur-umur saya ke ruang tindakan, itupun hanya untuk operasi hidung saya November 2018 lalu hahaha.

Ohya Rumah Sakit Mitra Keluarga Bekasi Timur pun selalu menjadi rujukan utama oleh rumah sakit-rumah sakit lainnya di Indonesia untuk penanganan Angiorafi dan Angioplasti ini. Tentu saja, karena Rumah Sakit Mitra Keluarga Bekasi Timur merupakan salah satu rumah sakit untuk Diagnosa dan Terapi Penyakit Jantung dan Stroke Terbaik di Indonesia.

  • Share:

You Might Also Like

4 comments

  1. wah memang rumah sakit mitra keluarga ini dimana-mana lengkap ya peralatannya. Di Surabaya pun rumah sakit ini menjadi favorit loh, teman-teman saya banyak yang memilih rumah sakit ini jika berobat.

    ReplyDelete
  2. Terimakasih atas informasinya. Saya jadi tahu angiografi dan angioplasti. Gak kudet lagi kalau ada yang bicarakn soal medis ini. Hehehe...

    ReplyDelete
  3. Aku masih awam bahasa-bahasa di dunia permedisan. Tapi setelah membaca ini, jadi lumayan menambah pengetahuan seperti angiografi dan angioplasti.

    Namanya Rumah sakit mitra keluarga ya, okeh kudu dicatet nih.
    Rekomen sih sepertinya..

    ReplyDelete