November 18, 2016

Platform Blogging Untuk Pemula

Hallo semuanya, Selmaat pagi! Selamat hari Jum'at, Selamat-menuju-weekend !
Di hari Jum'at ini saya inginn berbagi sedikit mengenai Platform Blogging.
Untuk yang belum paham, platform blogging merupakan media yang digunakan oleh blogger untuk mempublikasikan karyanya. Ada berbagaimacam platform blogging, salah satunya adalah blogger (seperti yang saya gunakan saat ini). Nah saat ini saya mau membagikan informasi mengenai platform blogging yang cukup mudah digunakan bagi kalian yang baru ingin terjun ke dunia blogging.

Blogger
blogger
tampilan blogger



Platform yang satu ini merupakan platform terpopuler yang banyak digunakan oleh para blogger. Saya pun menggunakan platform ini. Platform ini cukup lengkap dan mudah untuk dimengerti bagi pemula. Tidak telalu berat dan ada program untuk monetize nya :) Selain itu blogger sudah berada dibawah naungan google jadi untuk kalian yang sudah memiliki akun google lebih mudah untuk membuat blog di platform ini. Kalau kamu membuat blog pada platform ini kamu akan mendapatkan subdomain blogspot.com seperti url blog saya (http://justanotherblogposting.blogspot.com) sebelum saya menggantinya dengan TLD (http://www.zlindra.net) seperti sekarang ini.


Wordpress

Platform ini terbagi atas 2. yaitu wordpress.com dan wordpress.org . wordpress.com merupakan situs layanan blog yang menggunakan mesin WordPress, didirikan oleh perusahaan Automattic. Dengan mendaftar pada situs WordPress.com, pengguna tidak perlu melakukan instalasi atau konfigurasi yang cukup sulit.[5] Sayangnya, pengguna WordPress.com tidak dapat mengubah template standar yang sudah disediakan.[9] Artinya, pengguna tidak dapat menambahkan asesori apa pun selain yang sudah disediakan.[9] Meski demikian, fitur yang disediakan oleh WordPress.com sudah cukup bagus. (saya ambil dari wikipedia.com)
Wordpress.org merupakan wilayah pengembang (developer). Di alamat ini, seseorang dapat mengunduh (download) aplikasi beserta seluruh berkas CMS WordPress. Selanjutnya, CMS ini dapat diubah ulang selama seseorang menguasai PHP, CSS dan skrip lain yang menyertainya.[8] WordPress dengan Bahasa Indonesia ada berkat kerja para kontributor di Indonesia yang dipimpin oleh Huda Toriq, seorang Mahasiswa Kedokteran dari Universitas Diponegoro (UNDIP)Semarang. (saya ambil dari wikipedia.com )


Platform ini lebih catchy kalau menurut saya. Saya lebih suka platform ini (sebenarnya), namun platform ini jarang digunakan oleh blogger lokal. Karena biasanya platform ini didominasi oleh sharing gambar. Berbagai macam gambar yang dishare disini kesannya keren abis wkwk. pokoknya lebih cocok untuk kalian para blogger yang ingin konsen pada image blogging.


Kompasiana ini sebenernya merupakan blog jurnalis dari kompas. Namun seiring berjalannya waktu berubah menjadi citizen news. Nah disini kalian bisa share apa aja semacam kalian menggunakan platform blog lainnya. Ohiya dikompasiana ini sering ada kompetisi (yang dikhususkan untuk pengguna kompasiana) yang hadiahnya amat sangat menggiurkan looh xoxo.

Blogdetik ini merupakan platform blogging lokal selain kompasiana. sistemnya hampir sama dengan kompasiana namun menurut saya blog ini juga nyaman untuk digunakan. dan karena ini platform blog lokal maka banyak juga kompetisi - kompetisi yang disediakan di blogdetik.com ini

Selain plaform blogging diatas, ada banyaaaak banget platform blogging diluar sana sesuai kebutuhan kalian (tinggal googling trus cari  platform blogging). Disini saya hanya membagikan informasi platform yang menurut saya mudah untuk di gunakan. Gimana, sudah menemukan platform blogging sesuai passion mu?

Sekian dulu post saya hari ini. See ya on ma next post ! xoxo

Instagram : @zlindra || Twitter: @Zlindra || Snapchat: zlindra || Askfm: @zlindra || Facebook: Zahara Lindra || Facebook Page: Just A Blog


10 comments:

  1. Lengkap sekali Mbak :) penting sekali buat pemula. Aku masih sering bingung hehehe...

    ReplyDelete
  2. Sangat membantu sekali infonya...
    Makasih sist.....

    ReplyDelete
  3. Jadi tambah ilmu nih. Makasiy sharing nya mbak...

    ReplyDelete
  4. Jadi tambah ilmu nih. Makasiy sharing nya mbak...

    ReplyDelete
  5. haha, kalo aku nyaman pake Wp...hehe

    ReplyDelete
  6. Aku pakenya blogspot udah.com tapi ☺

    ReplyDelete
  7. Duh, jadi inget akun blogdetikku yg udah berdebu :(

    ReplyDelete
  8. Great tips nih, happy blogging!

    ReplyDelete
  9. Lengkap Mbak... Makasih tipsnya Mbak :)

    ReplyDelete
  10. Aku pake blogspot. Belum dotcom.. Penhen deh ngrubah jadi dotcom

    ReplyDelete