Skip to main content

Platform Blogging Untuk Pemula

Hallo semuanya, Selmaat pagi! Selamat hari Jum'at, Selamat-menuju-weekend !
Di hari Jum'at ini saya inginn berbagi sedikit mengenai Platform Blogging.
Untuk yang belum paham, platform blogging merupakan media yang digunakan oleh blogger untuk mempublikasikan karyanya. Ada berbagaimacam platform blogging, salah satunya adalah blogger (seperti yang saya gunakan saat ini). Nah saat ini saya mau membagikan informasi mengenai platform blogging yang cukup mudah digunakan bagi kalian yang baru ingin terjun ke dunia blogging.

Blogger
blogger
tampilan blogger



Platform yang satu ini merupakan platform terpopuler yang banyak digunakan oleh para blogger. Saya pun menggunakan platform ini. Platform ini cukup lengkap dan mudah untuk dimengerti bagi pemula. Tidak telalu berat dan ada program untuk monetize nya :) Selain itu blogger sudah berada dibawah naungan google jadi untuk kalian yang sudah memiliki akun google lebih mudah untuk membuat blog di platform ini. Kalau kamu membuat blog pada platform ini kamu akan mendapatkan subdomain blogspot.com seperti url blog saya (http://justanotherblogposting.blogspot.com) sebelum saya menggantinya dengan TLD (http://www.zlindra.net) seperti sekarang ini.


Wordpress

Platform ini terbagi atas 2. yaitu wordpress.com dan wordpress.org . wordpress.com merupakan situs layanan blog yang menggunakan mesin WordPress, didirikan oleh perusahaan Automattic. Dengan mendaftar pada situs WordPress.com, pengguna tidak perlu melakukan instalasi atau konfigurasi yang cukup sulit.[5] Sayangnya, pengguna WordPress.com tidak dapat mengubah template standar yang sudah disediakan.[9] Artinya, pengguna tidak dapat menambahkan asesori apa pun selain yang sudah disediakan.[9] Meski demikian, fitur yang disediakan oleh WordPress.com sudah cukup bagus. (saya ambil dari wikipedia.com)
Wordpress.org merupakan wilayah pengembang (developer). Di alamat ini, seseorang dapat mengunduh (download) aplikasi beserta seluruh berkas CMS WordPress. Selanjutnya, CMS ini dapat diubah ulang selama seseorang menguasai PHP, CSS dan skrip lain yang menyertainya.[8] WordPress dengan Bahasa Indonesia ada berkat kerja para kontributor di Indonesia yang dipimpin oleh Huda Toriq, seorang Mahasiswa Kedokteran dari Universitas Diponegoro (UNDIP)Semarang. (saya ambil dari wikipedia.com )


Platform ini lebih catchy kalau menurut saya. Saya lebih suka platform ini (sebenarnya), namun platform ini jarang digunakan oleh blogger lokal. Karena biasanya platform ini didominasi oleh sharing gambar. Berbagai macam gambar yang dishare disini kesannya keren abis wkwk. pokoknya lebih cocok untuk kalian para blogger yang ingin konsen pada image blogging.


Kompasiana ini sebenernya merupakan blog jurnalis dari kompas. Namun seiring berjalannya waktu berubah menjadi citizen news. Nah disini kalian bisa share apa aja semacam kalian menggunakan platform blog lainnya. Ohiya dikompasiana ini sering ada kompetisi (yang dikhususkan untuk pengguna kompasiana) yang hadiahnya amat sangat menggiurkan looh xoxo.

Blogdetik ini merupakan platform blogging lokal selain kompasiana. sistemnya hampir sama dengan kompasiana namun menurut saya blog ini juga nyaman untuk digunakan. dan karena ini platform blog lokal maka banyak juga kompetisi - kompetisi yang disediakan di blogdetik.com ini

Selain plaform blogging diatas, ada banyaaaak banget platform blogging diluar sana sesuai kebutuhan kalian (tinggal googling trus cari  platform blogging). Disini saya hanya membagikan informasi platform yang menurut saya mudah untuk di gunakan. Gimana, sudah menemukan platform blogging sesuai passion mu?

Sekian dulu post saya hari ini. See ya on ma next post ! xoxo

Instagram : @zlindra || Twitter: @Zlindra || Snapchat: zlindra || Askfm: @zlindra || Facebook: Zahara Lindra || Facebook Page: Just A Blog


Comments

  1. Lengkap sekali Mbak :) penting sekali buat pemula. Aku masih sering bingung hehehe...

    ReplyDelete
  2. Sangat membantu sekali infonya...
    Makasih sist.....

    ReplyDelete
  3. Jadi tambah ilmu nih. Makasiy sharing nya mbak...

    ReplyDelete
  4. Jadi tambah ilmu nih. Makasiy sharing nya mbak...

    ReplyDelete
  5. haha, kalo aku nyaman pake Wp...hehe

    ReplyDelete
  6. Aku pakenya blogspot udah.com tapi ☺

    ReplyDelete
  7. Duh, jadi inget akun blogdetikku yg udah berdebu :(

    ReplyDelete
  8. Great tips nih, happy blogging!

    ReplyDelete
  9. Lengkap Mbak... Makasih tipsnya Mbak :)

    ReplyDelete
  10. Aku pake blogspot. Belum dotcom.. Penhen deh ngrubah jadi dotcom

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Mengatasi Gigi Kekuningan dan Review Zact Toothpaste

Heyho  guys! Good Morning! Happy September *yeeay* Huahaha maap nih sebelumnya, saya absen berhari - hari gak ngepost *whocares?* Liburan saya telah berakhir :(. Bukan karena udah mulai masuk kuliah, tapi karena saya jadi salah satu panita PKMB (bahasa kerennya ospek). Saya balik ke tanah rantau tanggal 27 Agustus kemarin, trus langsung diserbu rapat ini itu , nyiapin ini itu buat PKMB nya hufhuf, jadi deh baru hari ini sempet nulis lagi. Nah omong omong nih ya pas hari pertama liburan kemarin dirumah saya iseng iseng ngaca, merhatiin apa aja yang berubah dari saya selama setahun di tanah rantau haha *narsis*. Saya ngeliatin dari ujung rambut sampe ujung kaki. Rambut saya semakin panjang, kepengen potong lagi tapi sayang :(, Pipi saya makin tembem weh -_- tapi ga apa apa lah, peningkatan :p. trus waktu saya nyengir nyengir sendiri kok saya perhatiin gigi saya agak kuning warnanya? OHNOOOOOOO!!!!! padahal saya rajin loh sikat gigi 2x sehari. Trus saya inget inget nih, apa sih yang nge…

Sekedar Info : Acnes Treatment Series

yak sodara sodara jumpa lagi dengan sayaaaaa blogger pemalas *apalaaah* yaks! kenapa saya di bilang pemalasss, itu karena hampir sebulan ini saya hanya memposting sekedur doang -_- 
nah untuk menutupi rasa bersalah *ekhm ekhm* skrg saya *terlalu formal* !!!! sekarang gue mau bagi bagi info sedikit nih tentang perawatan jerawat yang pastinya udah gak asing lagi ditelinga kaula muda yang berdompet tipis ngahaha yaituu Acnes Treatment Series.... 


7 Bare Face Sins

Happy Monday!!! yeeey. Haha  kenapa happy? karena senin pagi ini saya masih dalam masa - masa liburan, belum masuk kuliaaah, ditambah lagi hujan terussss dari semalem makin ngebuat saya males beranjak dari kasur. Oops, tingkah saya yang satu ini mesti diubah nih, udah tahun 2015 dan saya harus jadi orang yang lebih baik lagi, salah satunya dengan menghilangkan rasa malas itu hehe.
Omong - omong 2015 nih ya saya baru lepikiran salah satu "yang katanya" akan menjadi trend di 2015 ini adalah BARE FACE . Seperti yang dilansir oleh akun youtube Polished di awal 2015 lalu. Eh saya mau ngomongin trend 2015 di bulan ke dua di 2015 ini gapape kan ye? belom basi kan? hehe. Yaaa pokoknya kita tengok dulu la ni apa kata si Polished  :