Motivasi Menulis

By Zlindra - April 02, 2016


Halo semuanya! selamat tanggal 2 April ! Cepet ya udah masuk bulan April aja. Padahal kayaknya baru kemarin tahun baruan hahaha. Eniwei, awal bulan ini akumau ngobrol ngobrol tentang motivasi. Motivasi? Emangnya Motivasi itu apa sih?

Menurut KBBI ONLINE motivasi  adalah:
mo·ti·va·si n 1 dorongan yg timbul pd diri seseorang secara sadar atau tidak sadar untuk melakukan suatu tindakan dng tujuan tertentu; 2 Psi usaha yg dapat menyebabkan seseorang atau kelompok orang tertentu tergerak melakukan sesuatu krn ingin mencapai tujuan yg dikehendakinya atau mendapat kepuasan dng perbuatannya;



jadi, motivasi merupakan sebuah dorongan bagi seseorang untuk melakukan sesuatu. "Sesuatu" disini itu beragam ya, bisa hobi, tujuan hidup dan lain sebagainya. Contoh, awal bulangini biasanya para anak kost baru dapet "suntikan" bulanan dari orangtua hehe, biasanya dengan adanya suntikan bulanan ini kita para anak kost (khususnya yang cewek) ter-motivasi (secara impulsive) untuk belanja dan akhirnya uang bulanannya habis duluan. hehehe. Oke, abaikan contoh yang tadi. Sekarang aku mau cerita aja tentang apa sih yang memotivasi aku untuk menulis?

Motivasi aku menulis? karena SUKA. Tapi kalian harus tau, rasa suka disini itu harus ditumbuhkan, ditanamkan terlebih dahulu. dan disini aku mau cerita bagaimana caraku menumbuhkan rasa suka untuk menulis.
Dulu (sejak kecil) orangtuaku sudah mengarahkan aku untuk menjadi anak yang rajin agar nantinya bisa menjadi anak yang berprestasi (ini sih impian semua orangtua ya hehe), maka dari itu aku dituntut untuk memberikan hasil yang terbaik disetiap kesempatan, jadinya aku jadi anak yang "kelihatannya" hobi belajar. Jujur saat SD aku tidak terlalu punya banyak teman akrab, karena aku terlalu fokus belajar (padahal sih ngga :p). jadi beberapa orang men-cap diriku sebagai anak pintar begitu pula orangtua dan saudara - saudaraku, awalnya aku tidak pernah merasa terganggu dengan label tersebut, tapi setelah aku mendengar seminar di televisi (lupa seminar apa dan siapa pembicaranya) yang mengatakan bahwa:
Orang pintar itu banyak, jangan menjadi hanya sekedar pintar. Gali keahlian lain dan jadilah pribadi yang Hebat !

Nah, dari situ aku sadar, bahwa jadi orang pintar aja gak cukup. Aku butuh keahlian lain supaya aku punya self branding sendiri. Akhirnya aku coba berbagai hal mulai dari tari dan musik yang aku coba gali dari mengikuti ekstrakulikuler di sekolah. aku bisa mengikuti tari dan musik secara baik namun sepertinya passion diriku bukan disana. lalu aku coba baris berbaris / paskibra, menggambar, menyanyi namun semuanya sama seperti saat aku mencoba tari dan musik. Aku bisa mengikuti semua itu namun sekali lagi, itu bukan passion ku sepertinya. Kemudian aku mencoba untuk menulis. Nah dimenulis ini aku merasa nyaman, "kok kayaknya enak ya, menuangkan pikiran dalam tulisan". Akhirnya aku coba terus buat nulis. macam - macam hal aku tulis. dan sampai akhirnya aku pernah kerjaannya seharian nulis terus karena terlalu banyak ide yang ada di kepala aku. heheh

Nah, dari situ aku merasa menulis jadi bagian dari diri aku. Meskipun Motivasi awalnya hanya untuk mencari "keahlian lain" dalam diri, yang kemudian menjadi bagian dari diri aku sendiri.

Untuk kalian yang udah mampir ke halaman about ku bisa lihat sedikit sejarah kenapa aku mulai menulis di blog hehe.  Tapi jauuuh sebelum aku nulis di blog aku suka nulis - nulis sendiri di buku gitu, entah itu catatan harian, cerita - cerita fiksi, puisi. Dulu bahkan waktu SD aku pernah nge-jual tulisan aku, Jadi aku bikin cerita gitu, trus aku tawarin ke temen - temen sekelas aku ada ga yg mau beli eh ternyata ada loh, sempet repurchase 2x (meskipun dari orang yang sama dan cuma doi aja yg beli hahaha). Dulu satu cerita aku kasih harga Rp 500,- . Setelah jaman SD selesai dan lanjut SMP, mulailah aku kenal sama yang namanya internet. Nah di internet ini selain google yang aku tau adalah Friendster dulu di friendster itu aku suka bikin status puitis - puitis -alay- gitu wkwk. Lanjut kenal sama yang namanya facebook  dan akhirnya berlabuh ke blog ini.  Nah, setelah punya blog aku awalnya hanya mengisi tentang catatan harian aku, kemudian aku isi puisi - puisi (ala kadar) kemudian ke cerita - cerita fiktif deh. Sebenernya konten di blog aku tidak pernah tetap alias labil (kayakpenulisnya), tergantung aku lagi mood nulis apa hehe.

Nah, itu dia motivasi aku buat nulis. Kalo kalian gimana? Adakah "sesuatu" dalam hidup kalian yang memliki motivasi tersendiri? mungkin bisa di share ke sini. Atau bisa ngobrol via sosial media yang lain line / instagram / twitter di @zlindra.

sekian. dan sampai jumpa di post selanjutnya !



  • Share:

You Might Also Like

2 comments

  1. HAhaha pengalaman yang kece..

    Pernah uang sakuku jaman kecil 500 rupiah..

    #saran

    Itu apa ngga salah rata tengah ngga rata kiri?

    #Blogwalkingan

    ReplyDelete
    Replies
    1. heheh. kalau uang jajan aku pernah pas kelas 1 SD (tahun 2000) itu Rp 100,- sajaaa wqwqwq


      sejujuenya aku masih bingung mau seterusnya pakai rata tengah atau pakai rata kanan kiri /rata kiri.
      lebih baik gimana ya? aku bingung. kadang ngeliat yg rata tengah baus, trus yg justify juga bgaus, yg rata kiri juga bagus. jadi bingung wkwk

      Delete