Dinas Kesehatan dan Blogger Kota Semarang Menggalakan GERMAS Untuk Indonesia Sehat

By Zlindra - December 03, 2017

logo germas png

Gerakan Masyarakat Hidup Sehat adalah suatu tindakan sistematis dan terencana yang dilakukan secara bersama-sama oleh seluruh komponen bangsa dengan kesadaran, kemauan, dan kemampuan berperilaku sehat untuk meningkatkan kualitas hidup

Gerakan Masyarakat Hidup Sehat yang sering disebut dengan GERMAS merupakan salah satu gerakan yang dikampanyekan untuk mendukung program Indonesia Sehat yang sedang digalakan oleh presiden kita, bapak Joko Widodo bersama dengan Kementrian Kesehatan. Memangnya ada apa dengan Indonesia sampai-sampai harus dibuat kampanye hidup sehat semacam ini? Apakah Indonesia sedang dalam keadaan darurat kesehatan? 

Sebenarnya GERMAS ini mulai digalakan karena adanya perubahan tren kesakitan dan kematian mulai tahun 2010, yang pada tahun-tahun sebelumnya tren kesakitan dan kematia didominasi oleh penyakit-penyakit menular seperti  infeksi saluran pernapasan atas, TBC, diare, dll., namun mulai tahun 2010 kemarin tren penyebab kematian berubah menjadi penyakit-penyakit yang tidak menular seperti stroke, jantung, kanker dan kencing manis.

penyebab kematian

Sebenarnya apa sih yang menyebabkan perubahan tren tersebut? Padahal dewasa ini alat-alat penunjang kesehatan sudah semakin canggih dan mudah untuk di jangkau. Kalau kita bicara tentang tren kesakitan dan kematian maupun hal-hal lain yang berhubungan dengan kesehatan tidak pernah lepas dari yang namanya pola hidup. Meskipun alat-alat penunjang sehatan semakin canggih, pelayanan kesehatan semakin baik, aparat-aparat kesehatan semakin sigap, jiika tidak diiringi pola hidp sehat oleh masyarakat maka angka kesakitan dan kematian pun akan semakin meningkat. 

Ya, pola hidup masyarakat Indonesia mulai tahun 2010 mulai berubah. Mulai dari tahun 2010 masyarakat semakin mudah untuk memenuhi segala kebutuhan hidupnya, hampir seluruh pemenuhan kebutuhan hidup bisa diakses melalui layanan daring, sehingga makin meminimalisir aktivitas fisik mereka. Selain itu dengan arus globalisasi yang semakin kencang membuat gaya hidup kebarat-baratan semakin gemerlap, belum bisa di-cap anak gaoel kalau belum mencoba rokok dan minuman beralkohol dan banyak mengkonsumsi makanan cepat saji, konsumsi buah dan sayur pun mulai ditinggalkan.

Maka dari itu pemerintah mulai menggalakan GERMAS untuk menanggulangi tren kesakitan dan kematian yang sebenarnya dapat diubah dengan perbaikan pola hidup masyarakat menjadi pola hidup masyarakat sehat. Sebenarnya pola hidup sehat seperti apa sih yang sedang digalakan oleh GERMAS ini?


1. Peningkatan Aktivitas Fisik
Peningkatan aktivitas fisik bisa dilakukan dengan melakukan peregangan minimal 30 menit sehari. Perbanyak aktivitas yang melibatkan otot dan rangka yang mengakibatkan pengeluaran energi seperti memperbanyak jalan kaki. 
2. Peningkatan Perilaku Hidup Sehat
Perilaku hidup sehat disini dimulai dengan mengurangi rokok dan minuman beralkohol. Rutin melakukan olahraga, perbaikan pola makan, dsb.
3. Penyediaan Pangan Sehat & Percepatan Perbaikan Gizi
Perbanyak makan sayur dan buah dapat mempercepat perbaikan gizi masyarakat yang sudah terlalu banyak mengkonsumsi makan cepan saji yang minim akan kandungan serat yang dibutuhkan oleh tubuh manusia
4. Peningkatan Pencegahan & Deteksi Dini Penyakit
Melakukan pemeriksaan kesehatan secara berkala merupakan salah satu cara untuk mencegah dan melakukan deteksi dini terhadap penyakit sehingga dapat dilakukan penangangan secepat mungkin apabila memang terdeteksi penyakit pada tubuh kita.
5. Peningkatan Kualitas Lingkungan
Menjaga kebersihan lingkungan dengan cara membuang sampah pada tempatnya, menanam tanaman hijau dirumah, penyediaan fasilitas MCK yang layak, dsb.
6. Peningkatan Edukasi Hidup Sehat
Peningkatan edukasi hidup sehat sudah dilakukan pemerintah dan aparat kesehatan melalui berbagai cara mulai dari sosialisasi langsung kepada masyarkat, iklan-iklan layanan masyarakat, pendidikan dini ke sekolah-sekolah dsb.

Namun untuk di tahun 2017 ini, pemerintah fokus untuk menjalankan poin 1, 2 dan 4. Serta diharapkan di tahun 2018 nanti GERMAS dapat dijalankan dengan sempurna. 

Dinas Kesehatan Kota Semarang mulai mengambil langkah cerdas dalam melakukan edukasi hidup sehat bekerjasama dengan para blogger Semarang. Para blogger diedukasi mengenai program-program kesehatan selama 2 hari yang diharapkan nantinya dapat disampaikan kepada masyarakat luas. 

dinas kesehatan semarang

ciao!
zlindra



  • Share:

You Might Also Like

1 comments

  1. Saatnya mulai berolahraga lagi nih, biar bisa jadi masyarakat sehat! :D

    ReplyDelete