Selamat Hari Bloger Nasional // Yakin Bloger? Bukannya Blogger?

By Zlindra - October 27, 2017

Tulisan ini dibuat tanggal 29 Oktober 2017 namun saya atur penayangannya pada tanggal 27 Oktober 2017 untuk memperingati Hari Bloger Nasional :)
"Selamat tanggal 27 Oktober!"
"Selamat Hari Bloger Nasional!"

Jadi pada tanggal 27 Oktober 2007 silam, menteri Komunikasi dan Informatika yang saat itu dijabat oleh Muhammad Nuh menetapkan tanggal 27 Oktober menjadi Hari Bloger Nasional. Dengan ditetapkannya Hari Bloger Nasional ini diharapkan para bloger dapat mengelola blog mereka dengan lebih baik lagi sehingga menghasilkan hal yang bermanfaat bagi para pembaca. Berarti untuk saat ini Hari Bloger Nasional sudah diperingati selama 10 tahun berturut - turut. yeeaay!


Baru tahu ya kalau ada Hari Bloger Nasional? Saya pun baru tahu tahun 2016 kemarin, padahal saya sudah mulai menulis di blog sejak 2010 silam. Hahaha, malu jadinya. Tahun 2016 lalu saya membuat sebuah pos mengenai alasan mengapa saya menjadi seorang bloger untuk memperingati Hari Bloger Nasional, bisa dilihat disini. Nah, untuk memperingati Hari Bloger Nasional tahun ini, saya ingin membuat pos mengenai "Bloger atau Blogger?"

Hayo, sejak tadi apakah ada yang sadar bahwa saya menuliskan kata bloger bukan blogger? hahaha.

Eh, kok "bloger" sih? Bukannya "blogger" ya?


Awalnya pun saya agak asing membaca kata "bloger", karena saya terbiasa menggunakan kata "blogger" sampai akhirnya saya membuka situs KBBI Daring dan mencari arti dari kata bloger, dan begini artinya 

blo.ger /blogêr/

  • n cak sebutan untuk orang yang mengeblog; pengeblog; narablog
https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/bloger

Bloger merupakan kata baku dalam bahasa Indonesia yang merupakan serapan dari kata blogger dalam bahasa inggris. Menurut mas Ardian Kusuma dalam blognya, kata ini baru ditambahkan kedalam perbendaharaan KBBI IV. Saya sebagai WNI yang baru saja mengetahui kosakata bloger di 27 Oktober 2017 ini, memiliki keinginan untuk memperkenalkan ke lingkungan sekitar saya agar dapat membiasakan diri menggunakan kata bloger dibandingkan dengan blogger saat menggunakannya dalam kalimat berbahasa Indonesia. 

Nah, untuk kalian para bloger diluar sana, yuk mulai membiasakan diri menggunakan kosakata bloger!
Hidup Bloger Indonesia!

Ohiya sekilas info, kebetulan domain saya zlindra.net tepat berumur 1 tahun pada 27 Oktober 2017 ini hohoho. 


ciao!
zlindra




  • Share:

You Might Also Like

26 comments

  1. Iya yang benar emang bloger tapi masih agak asing menggunakannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, saya baru tahu beberapa hari lalu, harus mulai dibiasakan!

      Delete
  2. Saya baru tahu ini kak, makasih loh sharingnya.. Hhh

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya sama sama! senang bisa berbagi :)

      Delete
  3. Huwa...G nya 1 aja ya klo di kbbi...tfs..smoga makin banyak yg tau ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaaa, kalau bahasa Indonesia "g" nya hanya satu hehehe. Yap! semoga banyak yg tau hehe

      Delete
  4. Hoo.. G nya 1 ya..
    Kalau dalam konteks Bahasa Indonesia emang g nya 1..

    Mungkin selama ini kebanyakan mengira kalau "blogger" murni kata serapan...

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya awalnya mengira belum ada kata baku dalam bahasa Indonesia untuk "blogger" hehehe.

      Delete
    2. Yup.. Saia pun juga demikian..

      Tapi jadi agak aneh rasanya kalo nulisnya "bloger"..
      Soalnya kebiasaan nulis "blogger".. hehe

      Delete
    3. iya meskipun agak aneh, harus tetap dibiasakan agar tidak lagi menjadi aneh hehehe. karena sudah masuk kedalam kata baku bahasa indonesia.

      Delete
  5. Singkat jelas padat blog ini. Jadi bloger ya untuk ucapan bahasa Indonesia dan blogger untuk bahasa Inggris.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya kak! yuk viralkan penggunaan kata 'bloger':)

      Delete
  6. wah, ultah blognya bareng hari bloger nasional ya. selamat dan sukses terus!

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba faridaaa. terima kasih banyaaak :))

      Delete
  7. Aku kadang pake blogger kadang bloger..seingetnya aja..hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. hayoo hayoo mulai dibiasakan yuk mba ika hehehehe

      Delete
  8. Kayak kebiasaan ya, aku seringnya juga pakai blogger. Tapi awal tahu dulu suka ganti2, hahaa...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa karena kebiasaan jadinya susah untuk diganti sama kata baru yang memang seharusnya hahahah

      Delete
  9. Baru tahu lo kalau ternyata bloger bukan blogger di bahasa Indonesia :) thanks for sharing. Selamat satu tahun ya zlindra.net ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama - sama mba marita. senang bisa berbagi!
      waah terima kasih mba marita :)

      Delete
  10. Mau bloger atau blogger, buat saya ga masalah. Yang penting bisa jawab ketika ada yang nanya "hari ini udah posting apa belum?"
    hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah ini! pertanyaan mematikan hahahaha

      Delete
  11. Langsung cek KBBI, ternyata emang bloger. Saya baru tahu hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa sudah masuk ke kbbi sebagai kata baku serapan dari 'blogger'

      Delete
  12. mksh mbak jadi tahu nih...ternyata bloger ya yg bener

    ReplyDelete
  13. Aku tahu tentang Bloger namun kutetap ngeyel nulis blogger *ditoyor mbanya :D
    selamat hari bloger mari kita semangat menulis :D yeay

    ReplyDelete