[TIPS] Mengamankan Akun Email

By Zlindra - March 27, 2016




Jadi, kemarin saya sedang mengecek rutin kotak masuk surel yahoo saya, trus tiba tiba ada salah satu surel yang mengatas namakan pihak yahoo dengan pemberitahuan bahwa ada upaya login dari gawai lain menuju surel saya. Saya tidak langsung percaya dengan surel ini,karena bukan sekali dua kali saya dapat surel seperti ini. Dan ternyata dugaan saya benar. Surel ini berasal bukan dari akun resmi  yahoo. Pengirimnya bukan dari pihak yahoo langsung. Maaf ya disini saya bukan orang yang terlalu gaptek, jadi paling tidak saya bisa membedakan mana surel resmi mana tidak hahaha.

Surel seperti ini biasanya dikirimkan random oleh “oknum” iseng yang nantinya akan mengambil alih akun surel kita. Jadi biasanya pada surel ini akan ada link yang langsung mengantarkan kita pada halaman web yang dibuat “sedemikian rupa” sama dengan halaman web untuk ganti password ala yahoo. Nah kalau kita terjebak, dan akhirnya memasukkan alamat surel beserta passwordnya , maka dalam hitungan menit akun kita sudah berada di tangan mereka.

Kenapa saya bisa tahu? Karena hal ini pernah terjadi pada teman saya, saya belajar dari kejadian yang terjadi pada teman saya. Mengingat zaman sekarang ini masih ada beberapa orang yang menggabungkan antara surel pribadi dengan surel media sosial. Nah para “oknum” tersebut mengincar surel yang dihubungkan dengan media sosial, sehingga saat mereka mendapatkan akses menuju akun surel korban, otomatis dia memiliki kendali penuh terhadap sosial media korbannya. Gak percaya? Silahkan kalian browsing dan lihat ada beberapa blogger curhat mengenai akun sosial media mereka yang disalah gunakan oleh “oknum” yang tak bertanggung jawab karena sebelumnya da pemberitahuan yang masuk ke surel mereka.

Nah, aku ada beberapa tips nih supaya kita dapat lebih menjaga keamanan akun kita, yuk di cek:

1. Selalu waspada akan dengan mengatasnamakan akun akun resmi seperti yahoo, gmail, dsb. perhatikan alamat surel pengirim dengan nickname yang mereka gunakan.

2. Gunakan lebih dari 1 surel untuk surel pribadi (surat – menyurat dengan kerabat; surel yang digunakan sebagai data pribadi kampus, bank, dll) dengan surel yang digunakan untuk sosial media (surel untuk mendaftarkan akun media sosial seperti facebook, twitter, instagram, dll).

3.  Gunakan kata sandi yang berbeda untuk surel pribadi, surel sosial media, dan bahkan akun akun sosial media sebaiknya dibedakan pula kata sandinya.

4.       Gunakan kata sandi yang cukup rumit namun mudah diingat. Terkadang menggunakan gabungan antara huruf dengan angka seperti B4h4S44l4y itu jauh lebih aman untuk digunakan sebagai kata sandi. Hindari menggunakan kata sandi yang mudah ditebak seperti gabungan nama maupun tanggal lahir.

5.       Berdo’a kepada Tuhan YME untuk diberi perlindungan dan dijauhkan dari oknum – oknum tidak bertanggung jawab

Nah, sekian tips dari saya. Bagi kalian yang memiliki tips lain, mungkin bisa saling berbagi di kolom komentar. Sampai jumpa di post selanjutnya ^^



*surel = surat elektronik / email 
*gawai = perangkat / gadget



  • Share:

You Might Also Like

0 comments